Laser safute pengobatan wasir tanpa jahitan

Laser Safute, Pengobatan Wasir Tanpa Jahitan

Jurnal Bogor, 14 December 2009
Rubrik: Kesehatan

Bogor – Mungkin Anda su dah tidak asing lagi dengan wasir atau ambeien. Penyakit yang dalam istilah kedokterannya disebut hemoroid ini termasuk yang paling sering diderita masyarakat, bahkan prevalensinya mencapai 90 persen dari populasi. Walau bukan termasuk penyakit membahayakan jiwa, namun gangguan wasir tentu sangat menganggu kenyamanan si penderita.
Wasir bisa bersifat interna (dalam) atau eksterna (luar). Malah terkadang karena ketidaktahuan dan kurang pahamnya masyarakat mengenai wasir, maka segala keluhan di daerah anus disebut sebagai wasir. Padahal itu tidak benar karena masih banyak penyakit lain yang bisa diderita di daerah anus seperti fisura (luka atau robek bagian dinding dubur), fistula (penyakit yang sering timbul di sekitar dubur, mirip bisulan), papilloma, ataupun kondiloma.
Tatalaksana wasir pun beragam, mulai dari disuntik, ligasi pita karet, elektroterapi atau infrared hingga operasi dengan teknik konvensional atau stapler. Setiap tindakan juga memiliki kelebihan dan kekurangan serta indikasi masing-masing, tergantung derajat penyakit dan komplikasi yang ada.
Tapi kini, ada alternatif baru yang sedang populer di Cina, yaitu laser safute. Sebenarnya rupa dari metode ini bukanlah laser, hanya untuk memudahkan pemahaman masyarakat, maka disebutlah laser. Sedangkan kata safute itu sendiri ialah nama perusahaan yang mengembangkan teknologi ini. Ribuan rumah sakit dan klinik di sana sudah menggunakannya untuk mengobati pasien dengan gangguan anorektal dan wasir.
Ingin mencoba terapi ini, namun jauh di sana? Tenang saja, Anda tak perlu berangkat ke Negeri Tirai Bambu itu karena di Indonesia, khususnya Bogor telah tersedia teknologi tanpa jahitan, tanpa rawat inap namun terjangkau ini, yaitu di Klinik Rematika, Seuseupan Desa Bendungan Ciawi Bogor RT 06/06 (400 m dari RSUD Ciawi) yang diawasi langsung oleh dokter ahli, yaitu dr. Panji Priambudi.
Panji mengatakan kelebihan dari teknologi ini dapat dilakukan di klinik tanpa rawat inap (untuk yang belum parah). Bahkan perdarahan dan nyeri usai tindakan juga jauh lebih minim daripada tindakan biasa. Artinya tindakan laser safute sangat nyaman bagi pasien. Kejadian kekambuhan dan efek samping juga hampir tidak ada atau sangat kecil. “Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan hampir seribu orang dan 98 persen diantaranya cukup membutuhkan anestesi (bius) lokal saja,” terangnya kepada Jurnal Bogor, kemarin.
Selain mengobati wasir, laser ini dapat juga digunakan untuk gangguan anorektal seperti fisura, fistula, papilloma, ataupun kondiloma. Pada penelitian tersebut juga disebutkan bahwa dengan metode ini kesembuhan dapat dicapai sekitar seminggu lebih cepat dibandingkan lainnya.
“Laser safute ini memakai teknologi BEIM (biological electrical impedance automeasurement). Maksudnya membuat jaringan yang akan dipotong menjadi kering dan keras tanpa terjadi karbonasi, sehingga saat dipotong tidak mengeluarkan darah dan efek inflamasi yang timbul pun kecil. Dengan begitu, perdarahan, infeksi, dan nyeri setelah tindakan sangat minimal dan tidak memerlukan jahitan,” papar Panji.
Yah, seperti yang dikatakan Panji sebelumnya, setiap teknologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, kekurangan alat ini adalah tidak semua penderita dapat diterapi dengan alat ini. Penyakit yang mengarah ke keganasan atau  grade lanjut sangat baik untuk berkonsultasi dengan dokter bedah. “Biayanya sekitar sekitar setengah sepertiga dibanding biaya operasi di rumah sakit atau bisa sepertujuh dibanding pengobatan alternatif india yang sering muncul di teve, tergantung keadaan penyakit dan penyulit pada saat tindakan. Tentu harga ini sangat terjangkau dibanding biaya operasi,” kata Panji.
Perlu ditambahkan banyak terapi alternatif untuk mengobati wasir dengan biaya yang sangat mahal, bahkan ada yang sampai 30 juta. Hal ini harus dipertimbangkan secara matang karena kebanyakan teknik yang digunakan belum dilakukan penelitian yang sewajarnya, sehingga efek samping jangka panjang, serta derajat kekambuhan belum bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. “Jika ingin informasi lebih lanjut, pembaca dapat menghubungi dr panji di 085880499121,”.

Nasia Freemeta I
nasiaf@jurnas.com



26 Tanggapan to “Laser safute pengobatan wasir tanpa jahitan”

  1. dr panji Says:

    bisa juga contact dr panji langsung.. 085880499121

  2. Tri Says:

    Hi Dr. Panji,

    Saya masih sedang pikir2 proses penyembuhan yang tepat untuk wasir saya. Saya punya wasir stadium 3, ada daging keluar dari dubur saya krng lbh sekitar 2 cm. Keadaan wasir saya tdk mengganggu sama sekali dan buang air besar saya teratur. Proses pengembuhan laser safute ini berrapa lama ya untuk kondisi saya.

    Hal terpenting untuk pengyembuhan wasir menurut saya adalah pencopotan sampe akar2nya, apakah dgn metode ini bisa? dan berapa lama prosesnya? Range harganya brp?

    Dok, klinik dokter ada di Jakarta tdk?

    Mohion infonya dok, trim’s

    Tri

    • Sumarlian Basuki Says:

      Maaf Dok saya mau bertanya, Tempat praktek dan beaya operasi (kurang lebihnya), saya tinggal di Malang Jatim. Trims…

  3. wasirlaser Says:

    Halo mba tri.. (mba atau mas ya?)

    Pilihan buat mba ada beberapa macam terapi, masing2 punya kelebihan dan kekurangan; antara lain adalah rubber band ligation, operasi konvensional dan stapler dan safute..
    Bila tidak disertai nyeri dan perdarahan biasanya lebih ke internal hemorrhoid dengan jaringan utama dari jaringan pengikat disekitarnya yang ikut kendur serta tidak ada bagian eksternalnya..

    Kalo tertarik dengan safute coba buka blog saya ya :

    wasirsafute.blogspot.com/

    ada juga presentasi powerpoint yang lebih mudah buat dipelajari

    http://www.slideshare.net/wasirsafute/terapi-alternatif-wasir

    Untuk klinik jakarta sudah ada tapi dengan perjanjian..

    Di Palem Indah C5 Pondok Kelapa Jaktim
    085880499121
    Silahkan hubungi langsung bila ada yang mau ditanya;
    Oya sampe sekarang konsultasi pemeriksaan wasir itu gratis dan nti sya kasih tunjuk alatnya.. dan saya ga suruh beli obat apa2..

    Kalo mau lgsng tindakan ayo kalo takut atau mau pikir2 dulu gratis..

    sincerely
    dr Panji
    085880499121

  4. Tri Says:

    Hi Dok,

    Terima kasih untuk infonya, saya mba dok. Alamat klinik dokter hanya di Pondok Kelapa? blh saya tau doter praktek dimana aja ya di Jakarta. Domisili saya di Cengkareng. Mohon alamat klinik dokter dan nomer telponnya.

    Insyaallah abis lebaran sy mau consultasi. Semoga kita diberi kesehatan Amin.

    Rgrds,
    Tri

  5. dr panji Says:

    oke mbak..
    ditunggu ya..

    Alamatnya ada di blog saya ya mba tri..
    contact saya aja kalo mau datang.. tks..

    sincerely
    dr panji
    085880499121

  6. Zal Says:

    Dr. Panji,

    Hari apa saja dan jam berapa dokter praktek di klinik Rematika?
    Saya tertarik dengan sistem pengobtannya dan Dalam waktu dekat saya akan datang

    Regards,
    Zal

  7. amry nasution Says:

    Dok Panji, bgmn dngn kami yg di medan, klinik/rs mana yg bs melaksanakannya?

    Sy ingin segera mengikutinya. Tks

    Amry+++

    • wasirlaser Says:

      @ pak arif..
      kalo benjolannya diluar sajakemungkinan besar hemorrhoid external..
      terkadang membengkak karena ada bag yang trombus.. belum tentu perlu tindakan bapak bisa coba oabat untuk wasir terutama yang topikal atau yg dioles langsung ke bagian wasirnya..
      sebagian akan mengecil sebagian tidak, tanda bahwa perlu tindakan segera adalah nyerinya yang semikn berat, tidak merespon dengan obat atau krim atau semaik lama semakin besar.. oke mudah2an mbantu mas arif..
      wasirsafute.blogspot.com

      @amry..
      Maaf pak amri sampe sekarang laser safute baru ada di jakarta.. kemarin adapasien saya yang terbang kesini dari bukittinggi..

      @basuki…
      Bapak bisa palajari lebih lanjut tentang laser safute di wasirsafute.blogspot.com

  8. Arif Says:

    Dok. . Saya ada benjolan di anus sebelah kiri. . Sebesar setengah kacang tanah. . Kalo BAB. . Kalo kena benjolnya ya nyeri dok. .

    Itu cara penyembuhannya apa gak bisa pakai obat2an atau harus tindakan dok?

    Dan itu sudah stadium berapa?
    Saudara saya ada yang wasirnya hilang dengan sendirinya. . Apa saya bisa hilang dengan sendirinya?

    Saya takut dok sama ruangan operasi. .

  9. erna wati Says:

    dok aq mau tanya mslh harganya dok apa terjangkau klu boleh tau berapa y?

  10. prince Says:

    Ass.wr.wb.
    salam hormat buat dok. Panji,
    Saya (prince) didiagnosa oleh dokter bedah mengalami wasir grade III, dan harus dioperasi. hingga saat wasirnya masih mengalami pendarahan yg cukup hebat,sampe2 Hb sempat turun hingga 7, dan menjalani tranfusi darah di RS. Terkadang jika sudah kambuh, kaki,tangan terasa kram,dan daerah perut terasa panas, karena aliran darah ke jantung ato sebaliknya mungkin terhambat jd sempat dirawat di ICU.

    kira2 bisa gk ya dok. terapy dangan laser safute?makasih sebelumnya.

    Nama:Prince Fahd S.
    alamat: Tidore/Maluku Utara
    Hp: 085228979233

  11. Sunarso Says:

    Dokter yth, praktek di Pd Kelapa hari apa saja/jam berapa apakah perlu janjian dulu ?

  12. faizal Says:

    yth dok.panji

    dok saya memiliki benjolan kecil di anus saya, dan saat BAB sakit sekali dok sampai keluar darah, terlebih sakit setelah BAB dok, sakitnya sampai setengah hari dok dan tdak bs mlkkn apa”, itu sangat mengganggu skli dok. maaf dok untuk biayanya brpa y dok? trus klinik yg djkrt buka’a hari apa dan jam brpa aja dok?

  13. wasirlaser Says:

    kayanya saya udah obatin ya pak..
    saya praktek mulai jam 9- ashar dengan perjanjian ya pak,,
    cukup sms saja supaya tidak menunggu terlalu lama..

  14. piet Says:

    Mohon infonya.. Pak dokter Panji
    Apa di jogja sudah ada perwakilan ato tempat yg direkomendasikan untuk terapi ini.

  15. sri Says:

    Dokter Yth,
    Saya sri 25thn dari medan,saya menderita ambien stad4 sejak SMP sampai sekarang ini, ambien saya berada diluar/Ex dan tidak dapt masuk kembali,selama hari ini memang ambien tersebut tidak menggangu aktifitas namun terkadng untuk buang air besar saya sering mengalami kesakitan pedih denyut,apa kah dengan laser safute bisa sembuh dok sampai tuntas ke akar-akar nya krna sblm nya saya sudah terapi hampir 1thn ttpi blm ada hasil, terimkasih

  16. norhasanah Says:

    dokter yth,
    saya nur 27 thn dari balikpapan…saya menderita ambeien eksternal, sepertinya udh mulai SMA, pertamanya keluar darah aja. n sampe sekarang saya udh berkeluarga dan pny anak 1 masih ada dan bertambah parah apalagi kalo mau BAB, kdg keluar darah segar yang banyak trus radang dan sakit kalo habis BAB. apakah klinik safute ini ada di balikpapan…?? saya ingin sekali sembuh dari wasir yang sangat menyiksa ini…

  17. hasnichen Says:

    Yth dok Panji,

    Saya akan menghubungi dokter di no hp yg tsb diatas untuk konsultasi.
    Apakah ada jadwal tertentu untuk bisa menghubungi dokter?
    Terimakasih

  18. hasnichen Says:

    Yth dr Panji,

    Mungkin ada baiknya saya sampaikan dulu kondisi wasir saya saat ini. Saya berumur 41 thn, menderita wasir sejak melahirkan anak pertama 15 tahun yg lalu. Wasir saya sdh di grade III menurut pemeriksaan dokter internist di Pekanbaru. Dokter menyarankan saya operasi agar lebih tuntas penyembuhannya.
    Namun saya mendengarkan pengalaman operasi penderita wasir sgt menakutkan terutama rasa sakit pasca operasi dan proses penyembuhan yang lama.

    Saya menginginkan penanganan yang tdk menimbulkan rasa sakit dan proses penyembuhan yang relatif cepat karena karena saya punya jadwal kerja yang padat di kantor sehingga sulit untuk beristirahat untuk waktu yang lama.

    Mohon saran dari dokter. Terima kasih.

  19. Lalu yudi khisan Says:

    Saya calon pasien diluar daerah, dari mataram lombok ntb,klo sy kejakarta apa ada penginapan tempat sy menginap ywng dekat degan tempat anda praktek?

  20. A harta Says:

    dok, kalo untuk kasus wasir yg terbentuk akibat kehamilan dan melahirkan, apakah bisa sembuh total dan di kemudian hari apakah tidak akan timbul lagi atau bisa melahirkan secara normal? karena istri saya jadi operasi cesar karen wasir tsb.?
    kemudian boleh tahu ga biaya tindakan yg terjangkau tsb dok. thanks

  21. Fajar Says:

    Assalamu’alaikum.

    Dr. Panji – semoga Allah memberkahimu –

    Saya punya wasir eksternal, kemarin BAB berdarah sekarang sudah tidak lagi, namun setiap habis BAB pasti nyeri di sekitar wasirnya.

    Bagaimana solusinya, apakah dengan metode safute wasir saya dapat sembuh? Dan berapa biaya pengobatannya? Juga, dalam fase-fase apa saja rasa sakit yang akan saya rasakan setelah menjalani pengobatan? Dan berapa lama juga jangka kesembuhannya, berharap tidak terlalu lama hingga berbulan-bulan sehingga menggangu aktifitas saya yang lainnya.

    Terimakasih,

    Purwakarta, 23 Dzulqo’dah 1436 Hijriyyah.

Tinggalkan Balasan

